10 Hari Gelisah Menulis (regram dari @menadewilestari)

Tentang si curang
.
Ibarat sekeping koin, memiliki dua sisi, satu sama lain saling mengisi dan melengkapi. Begitulah di semua lini kehidupan selalu ada jeda sebagai pembeda. Semisal ada sedih ada bahagia, ada tangis ada tawa, ada siang ada malam, ada manusia waras ada yang gila. Meski ada aku tak selalu ada kamu…Semua tercipta karena ada pembanding.

Tidak akan ada si baik hati jika tak ada si curang.

Aku memposisikan diri sebagai pemerhati yang baik, menjadi penyimak yang tabah walau jengah. Si curang ibarat nyamuk yang suka menghisap, dia mendapatkan keuntungan berupa kemenangan dan perut kenyang jika lolos dari tepukan tangan. Sedangkan yang dihisapnya mendapatkan kerugian berupa penyakit kronis atau sekedar gatal.

Dan yang membuat aku garuk-garuk tak gatal bukan karena digigit nyamuk. Kenapa ada asumsi: “Jangan menjadi orang yang terlalu baik, capek, nanti diasingkan, mengikuti arus saja ke mana air mengalir. Curang sedikit tak apalah yang penting urusan lancar.”

Semacam ada penghalalan kesalahan. Nyontek untuk mendapatkan nilai yang baik, biar orangtua bangga, membuat orangtua bahagia kan ibadah. Main serobot di antrean, dengan seribu satu alasan mentang-mentang alasan tak diperjualbelikan. Sogok menyogok untuk melancarkan berbagai kepentingan, tak peduli ada orang baik yang tersingkir, ada orang jujur yang tersungkur.

Jika ditelaah, si curang selalu memiliki cara cerdas memojokkan manusia pada dua opsi yang dilematis; semisal mau dimadu atau diracun? Milih difitnah atau dibunuh? Sungguh pilihan yang keji.

Sejatinya si curang adalah pecundang yang tertunda.

Menjadi orang baik adalah memberi indah dan hadiah sembuh bagi jiwa raga serta alam semesta. Pada akhirnya pilihan bermuara di jiwa masing masing ingin menjadi pecundang atau pemenang?

#10hbcgelisah
#10hbcgelisah07


via Instagram http://ift.tt/2rFpE2Q

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s