10 Hari Gelisah Menulis

Regram dari @mayahapsari09 – [Buat Apa Sekolah?] – Ini suara minor, dari seorang anak manusia yang dipaksa untuk melakukan hal yang tak dikuasainya.

Masing-masing manusia diciptakan berbeda. Memiliki kemampuan dan keahlian yang berbeda. Bukan berarti sang kakak menguasai bidang A, lalu sang adik juga pasti menguasai bidang yang sama. Hidup tidak semudah itu, kawan.

Bukan berarti sang ayah adalah dokter, lalu anaknya sudah pasti mau jadi dokter. Bukan berarti juga sang ibu adalah guru, lalu anaknya pasti mau jadi guru.

Tidak selalu hal yang kau kuasai, akan menurun pada anak-anakmu kelak. Bisa jadi bakat dari kakek atau nenek buyutnya yang justru menurun pada bakat anakmu nanti.

Anak yang cerdas adalah yang selalu ranking 1 di kelasnya, mendapat beasiswa, memiliki nilai yang selalu bagus, selalu menang saat mengikuti olimpiade atau lomba dan sebagainya. Menurut saya, itu sebuah stereotype yang keliru namun justru beredar di masyarakat. Sedangkan anak yang tidak pernah dapat ranking, nilainya selalu jelek dan bahkan tidak pernah ikut lomba, adalah anak yang bodoh.

Harusnya pola pikir ini diubah. Tidak semua anak yang tidak mendapat ranking adalah anak bodoh. Nyatanya, teori yang diajarkan memang sangat mendukung di dunia kerja. Nilai yang bagus juga sangat diperlukan jika ingin dapat pekerjaan mapan dengan gaji tinggi. Tapi semua itu juga harus diiringi dengan kemampuan yang lain kan?

Ini suara minor, dari seorang anak yang dicap sebagai anak bodoh karena tidak pernah mendapat nilai bagus, tidak pernah ranking 1 dan tidak pernah ikut olimpiade.

Jika anak A tidak bisa menjawab pertanyaan dari persamaan trigonometri, bisa jadi ia justru dengan mudah dapat menjabarkan tentang hukum dan perundang-undangan. Lain hal dengan si B, yang pandai tentang hukum newton dan hafal seluruh tabel periodik unsur beserta nomor atomnya, bisa jadi justru lemah di bidang lainnya.

Karena Tuhan tidak menciptakan makhluk yang berbeda dengan kapasitas dan kemampuan otak yang sama persis.

mayahapsari09
10.12

#10hbcgelisah #10hbcgelisah05 @30haribercerita
via Instagram http://ift.tt/2rSLGM0

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s