10 Hari Gelisah Menulis

Regram dari @kristancuk – SEKOLAHAN, PENTING GAK SIH?

Soal dunia sekolah akademis, saya adalah orang yang selalu salah jurusan.

Saat SMA, inginnya masuk IPS, karena tuntutan orang tua akhirnya masuk IPA.

Saat kuliah, inginnya masuk Sastra Inggris, orang tua inginnya masuk Teknik, maka diambil jalan tengah dan akhirnya masuk Akuntansi. Hahaha.

Ujung2nya saat kerjapun begitu, inginnya kerja apa, jatuh2nya kerja di bidang pajak karena sesuai jurusan kuliah.
Apakah saya menyesali hal ini? Ya dan tidak.

Ya, karena kadang saya merasa potensi saya lebih bisa tergali seandainya saya pilih jurusan yang saya inginkan.

Tidak, karena saya sadar tidak semuanya akan ideal. Bahkan seandainya sekolah sesuai jurusan keinginan sayapun belum tentu saya akan terpuaskan dan semuanya sesuai ekspektasi saya. Dan lagi, salah jurusan juga memberikan pelajaran berharga bagi saya.
Yang saya pelajari dari kejadian2 ini adalah, sekolah akademis hanyalah semacam laboratorium untuk memasuki sekolah yang sesungguhnya: sekolah kehidupan.
Untuk banyak orang, apa yang kita dapatkan saat di sekolah akademis terkait ilmu spesifik yang kita pelajari, entah hanya berapa persen yang benar2 dipakai dalam kehidupan sehari2.

Namun, sekolahan mengajarkan kita untuk melatih pola pikir, mindset, dan karakter untuk menjalani kehidupan dengan lebih bermartabat.

Di sekolah akademis, memang kadang kita merasa ilmu yang dipelajari akan sia2. Tapi di sana kita akan belajar berteman, berelasi dengan orang lain yang memiliki berbagai kepribadian, melatih sikap mental dalam menghadapi berbagai situasi termasuk yang tidak menyenangkan, dan melatih kepekaan terhadap sekitar serta apa yang dibutuhkan.

Pendidikan memang bisa didapat dari mana saja dalam hidup, namun saya masih percaya sekolahan akademis memberikan panduan sistem yang memadai untuk membentuk pola pikir dan karakter yang baik, selama siswa masih diberikan kesempatan untuk belajar critical thinking.

Untuk itu, sayapun ingin mendoakan supaya segala sivitas akademika mau mengusahakan menciptakan dan terlibat di sekolah akademis yang benar2 membangun untuk menjalani sekolah kehidupan.

#10hbcgelisah
#10hbcgelisah05
via Instagram http://ift.tt/2ryR8qW

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s