10 Hari Gelisah Menulis

Regram dari @arthasalina – Sumber gambar: GNFP Indonesia

Sekolah itu cocok untuk yang tidak mau repot. Tingkatannya sudah dibagi. Aturannya sudah dibuatkan. Kurikulumnya sudah disusunkan. Buku-buku ajarnya sudah diperdagangkan, jadi tinggal membeli.

Warna seragamnya pun sudah ditentukan, kecuali batik-batik tambahan yang katanya untuk memupuk rasa cinta Tanah Air. Tapi seragam identitas itulah yang memberi label, “Oh, jadi dia anak sekolahan itu.” Sepertinya identitas yang diperlukan manusia memang hanya nama. Selebihnya adalah masalah.

Sudah ikuti saja aturannya, abaikan segala godaan ingin tahu lebih banyak dari apa yang diajarkan. Karena itu tidak berguna. Percuma cerdas, pintar, selalu ingin tahu, dan banyak baca buku jika kamu tidak bisa memenuhi persyaratan kelulusan yang sudah ditetapkan. Serius itu percuma. Nanti yang kamu dapat kiranya begini, “Nggak kasihan sama orang tua udah susah-susah nyekolahin?”. Itu pedih. Kamu ingin menjadi manusia yang banyak tahu tapi konsekuensinya mendapat label durhaka.

Enak, kan sekolah itu? Semuanya sudah diatur dan ditunjukkan jalannya. Minimal kalau kamu tidak bahagia semasa bersekolah, rasa kecewamu bisa dijadikan modal setelah lulus. Mempelajari yang lebih banyak lagi, belajar sampai mati. Tinggal diingat-ingat saja apa yang dikatakan para pengajar. Percayalah yang mereka katakan itu hanya setitik kecil dari sesuatu yang jauuuhh lebih besar. Sisanya adalah pilihanmu. Percayalah juga otakmu bersedia diajak berjuang sampai berdarah-darah untuk memuaskan rasa ingin tahu.

Tapi jangan lupa, semakin banyak tahu semakin kamu jauh dari rasa tenang.

Tertanda,
Generasi masuk SD tahun ’99, yang tadinya nggak mau repot juga. Tapi sekarang mau kok. Serius.

#10hbcgelisah #10hbcgelisah05 @30haribercerita
via Instagram http://ift.tt/2rOGOZa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s