10 Hari Gelisah Menulis

Regram dari @mhanfanaraya – [10HB : Dunia (Tanpa) Sekolah]

Terlahir dari orang tua akademisi, aku terpaksa memiliki minat pada prestasi. Sayangnya, kemampuanku bukan dalam bidang akademik. Aku sadar tentang itu, sejak kecil. Aku, senang berpikir, tapi kurang senang belajar, sejak dulu. Pikirku, “Buat apa belajar? Buat apa sekolah?” Lucunya, aku masih tetap belajar, tetap bersekolah. Tanpa absen, kecuali jika sakit. Aku masih penuhi tugas-tugasku, syukurnya, baik. Masa bodo, hasil ujian yang selalu buruk. “Belajar adalah proses,” pikirku.

Menginjak sekolah menengah aku semakin sadar, aku tidak suka sekolah. Aku tidak mampu mengikuti metoda pengajaran sekolah. Apa yang aku lakukan? Hampir setiap pelajaran, aku tidur. Bahkan, sampai dengan berakhirnya kuliah. Sempat aku meminta pada ibu tentang homeschooling untuk kuliah. Karena aku tidak bisa mengikuti program sekolah pada umumnya.

Aku belajar dari M. Izza Ahsin, penulis buku Dunia Tanpa Sekolah. Trauma dirinya pada sekolah, membuat dia lebih percaya untuk belajar di rumah. Izza bukan seseorang yang bodoh. Dia mampu belajar dengan baik. Sayangnya ia pernah mendapat perlakuan buruk, sampai enggan kembali ke sekolah. Berbeda denganku memang. Tapi nyatanya, dia tetap menjadi orang berhasil. Untuk mampu, bukan tentang sekolahnya, tapi tentang belajar dan guru.

Sampai dengan kuliah aku sadar, bahwa dunia aku adalah seni. Bukan akademik. Bukan juga sekolah. Buat apa sekolah? Kalau aku nyatanya mampu belajar melalui buku-buku? Akhir kuliah aku temukan, bagaimana aku bisa belajar dan berguru. Aku belajar melalui buku-buku, berguru pada buku, bertanya pada yang lebih tahu, dan fokus. Merekalah yang memberangkatkan aku pada minat menggali ilmu. Mampu bukan tentang sekolah, tetapi tentang mengubah pengetahuan melalui cara dan media.

#10hbcgelisah #10hbcgelisah05 #buatapasekolah #siapasuruhbacatulisanini @30haribercerita
via Instagram http://ift.tt/2qTSz2u

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s