10 Hari Gelisah Menulis

Regram dari @wiviano_28 – Melihat tema hari ini, saya teringat masalah beberapa bulan yang lalu ketika Hoax di media sosial menjadi isu paling hangat pemberitaan di media massa.
.
.
Jadi, ketika itu saya sedang memasuki masa ujian untuk menentukan kelulusan di bangku SMA. Berbagai selentingan, berita bohong bertebaran dimana mana. Ada sidak mendikbud lah, USBN di re-schedule, bahkan yang miris adalah pesan siar daftar hitam penyebar kunci jawaban USBN yang (katanya) dirilis resmi oleh Polda Metro Jaya dan Depdiknas.
.
.
Ngga tahu kenapa, ide gila terbesit di dalam benak saya. Rasa ingin jail dan usil mendukung untuk melaksanakan tindakan tersebut. Niat pertama kali saya sih hanya untuk bercanda dan asik-asikan, eh tapi ujung-ujungnya kebablasan.
.
Mulanya, saya co-pas berita hoax mengenai daftar hitam penyebar kunci jawaban itu dengan sedikit mengedit. Saya tambahkan nama teman saya beserta asal dia. Kemudian, dirasa info tersebut cukup meyakinkan, minta tolonglah saya pada teman lama untuk re-broadcast berita hoax pada saya. Ketika teman saya mengirim ulang, saya capture pesan tersebut kemudian saya sebarkan di grup kelas.
.
Anggota kelas sebenarnya sudah mengetahui bahwa yang saya sebar adalah fitnah. Malah beberapa dari kami justru malah makin mengheboh-hebohkan. Tapi entah mengapa, takdir berkata lain. Berita yang saya kirim hanya di grup, sudah tersebar ke sekolah lain. Parahnya lagi, tidak cuman di Jember, tapi sudah ke luar kota seperti Situbondo, Banyuwangi, Bondowoso hingga Malang.
.
.
Usut punya usut, ternyata teman saya sendiri yang di mintain tolong malah ikut menyebarkan kabar dusta, dengan dalih bercanda. Bisa dibilang kacau balau, sampai membuat saya bersitegang dengan teman saya sendiri. Untung hanya bertahan 2 jam, berita tersebut dapat dibendung.
.
Kejadian itu memberikan pelajaran: jangan coba-coba copy paste dari grup sebelah. Intinya, if your click and share the news, you should think and scanning it. (bener ga inggrisnya gengs? Hahaaha)

Nb: yang ngerasa jadi korban, maafkan daku 😋

Cc: @30haribercerita
#10hbcgelisah04 #10hbcgelisah – #regrann
via Instagram http://ift.tt/2qPYHsy

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s