10 Hari Gelisah Menulis

regram dari @embu_atik – Pada suatu malam yang gerah dua tahunan lalu, saya tercekat menyaksikan penampilan Jake Gyllenhaal sebagai jurnalis lepas yang mengejar berita-berita kriminal.

Lewat akting apiknya sebagai Lou Bloom yang digambarkan sebagai sosok sosiopath, Nightcrawler menjadi sindiran telak terhadap sisi gelap media dan jurnalistik: demi rating, hal-hal berani apa yang bisa dilakukan oleh jurnalis demi mendapatkan berita yang menarik?
Film ini juga menggambarkan tipikal audiens zaman sekarang yang suka berita berdarah.

Lalu apa hubungannya dengan hoax dan copas-copas dari grup sebelah?

Setelah menonton Nightcrawler, saya jadi bisa lebih bijak dalam menerima dan menelaah sebuah berita. Jempol saya jadi ada rem-nya dan tidak asal pencet opsi ‘bagikan’.
Saya juga jadi tahu bahwa ada pihak-pihak yang memang mencari keuntungan dari tersebarnya berita hoax dengan memanfaatkan tipikal audiens zaman sekarang yang seringnya merasa cukup kalau sudah membaca judul beritanya, lalu main bagikan, tanpa perlu merasa harus kroscek isi beritanya.

Benar, tidak semua berita yang kita bagikan adalah hoax. Tapi tidak menutup kemungkinan, apa yang kita bagikan perlu dipertanyakan kebenarannya.

Jadilah konsumen yang cerdas dan bijak dalam menerima serbuan informasi setiap harinya. Jadikan diri sendiri saringan. Mana berita yang enaknya dikonsumsi sendiri, mana yang perlu dibagikan. Jangan mudah latah membagikan apa yang sedang tren hanya karena iseng atau demi like dan komen.
.
.
@30haribercerita
#10hbcgelisah04
#10hbcgelisah – #regrann
via Instagram http://ift.tt/2qJCLyY

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s