Program 10 Hari Gelisah Menulis (regram dari @tomihernawan)

Berbeda Bersama ber-Ziarah.

Perkenalkan dua sosok digambar ini, mereka adalah Mbah Sri dan Mas Prapto (cucu mbah Sri). Dua sosok penting dalam film Ziarah karya BW Purba Negara. Mereka berbeda tapi mereka bersama. Mbah Sri punya keinginan kuat untuk menemukan makam Mbah Pawiro kemudian jika beliau meninggal dunia ingin dimakamkan disebelah makam Mbah Pawiro dan Mas Prapto yang diceritakan ingin menikah dengan gadis pujaannya sekaligus ingin menjaga Mbah-nya.

Berbeda tapi bersama. Mbah Sri ingin mengakhiri hidupnya dalam kesetiaan dan Mas Prapto ingin memulai hidup barunya dalam cinta dan kasih. Tapi secara tidak bersamaan mereka bersama mencari makam Mbah Pawiro, menggali lagi sejarah Mbah Pawiro, mengumpulkan satu per satu kepingan cerita tentang Mbah Pawiro.

Di film ini memang tidak diceritakan jelas ending kebersamaan hubungan Mbah Sri dan cucunya Mas Prapto.

Tapi sepanjang film penonton diberikan kesimpulan-kesimpulan kecil yang menjadikan sebuah kepingan utuh yang bisa dinikmati bersama.

Pelajaran berharga dari dua tokoh ini adalah perbedaan pola pikir dan keinginan memang tidak dapat dipaksakan. Tapi setidaknya mereka tekun dalam perjalanan masing-masing. Perjalanan yang pasti menghasilkan sesuatu. Entah hasil yang benar-benar diinginkan atau yang diluar ekspektasi. Jadi tidak perlu takut menjadi berbeda hanya untuk sebuah kebersamaan. Karena pada akhirnya semua juga akan dipersatukan dalam kebersamaan.

Tulisan ini sekaligus sebagai penghargaan kecil saya kepada @FilmZiarah yang berhasil membuat saya berdecak kagum. Ziarah menuturkan kesetiaan yang kuat, tekad yang tak berujung, dan juga sentilan tentang sejarah dan nasionalisme. Bagi saya yang orang Jawa, penggunaan bahasa Jawa di film ini benar-benar fasih. Cara bertutur masing-masing tokoh dengan bahasa Jawa Kromo Alus membuat hati saya meleleh, apalagi setiap dialognya begitu bermakna. Ziarah begitu nyata dan dekat dengan kita.

#10hbcgelisah03 #10hbcgelisah @30haribercerita

Gambar diambil dari style.tribunnews.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s