10 Hari Gelisah Menulis

Regram dari @jeanettvericaa – Apa yang terlintas di pikiran kamu waktu denger kata beda, sama, atau berbeda bersama? Mungkin kesannya selalu nempel ke perbedaan ras atau agama, ya? Padahal, banyak hal yang berbeda dalam masing-masing manusia (people are unique, right?). Cuma emang dua hal tadi yang hampir selalu bergesekan bikin geregetan. Apalagi, di tengah fakta bahwa identitas bangsa kita memang beragam, dua isu tadi semakin rentan untuk selalu melekat.
.
Ngomongin berbeda, saya ingat status messenger seorang teman: tugas manusia adalah menjadi manusia. Bagaimana agar kita menjadi manusia?
.
Buat saya, salah satunya adalah memanusiakan manusia. Bagaimana memanusiakan manusia? Gampang, dengan melihatnya sebagai manusia. Bukan melihat kulitnya yang hitam, matanya yang sipit, agamanya yang A, yang B, dll. Bukan juga melihat profesinya, ataupun orientasi seksualnya. PSK apakah bukan manusia? Pengamen, pemulung, apakah bukan manusia?
.
Pernah nonton Something In The Way karya Teddy Soeriaatmadja? Di situ ada PSK yang ternyata melacur demi hidup anaknya. Di 13 Reasons Why, ada karakter Tony yang gay, dan dia tetap bersikap baik sebagai manusia. Di film pendek Senyawa karya Wregas, tokoh orangtuanya digambarkan beda agama namun tetap bersenyawa. Apa yang harus kita lakukan sebagai manusia? Ya itu tadi, menjadi manusia dan memanusiakan manusia.
.
Apa yang salah dengan kaum LGBT? Orientasi seksualnya yang nggak normal? Tapi apakah normal itu? Konvensi lama yang berakar?
.
Apa yang salah dengan PSK? Di satu sisi mereka menyalahi aturan. Mereka (bisa) merusak moral bangsa. Mereka merugikan generasi muda yang suka coba-coba. Tapi apakah mereka bukan manusia sehingga pantas diperlakukan seperti sampah? Tegakkan aturan, tapi jangan perlakukan mereka seperti binatang.
.
Bagaimana dengan para pelaku kejahatan? Mereka merugikan banyak orang, memang. Pembunuh, bisa kita anggap lebih kejam dari binatang. Tapi apakah mereka bukan manusia?
.
Hidup ini rumit. Tak gampang memaafkan orang yang bersalah, yang berbeda dan membuat kita merasa terancam. Tapi, apakah mereka bukan manusia?
.
@30haribercerita #10hbcgelisah03 #10hbcgelisah
via Instagram http://ift.tt/2qObrht

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s